Tuesday, April 1, 2014

Sebaik-baik yang Menetapkan.

Rasululloh shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئًا للهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

"Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Alloh 'Azza wa Jalla, kecuali Alloh akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu" (HR Ahmad no 23074)

Berat memang ketika rencana yang telah disusun sedemikian rapi, akhirnya dengan beberapa pertimbangan di geser kepada arah yang lain. Selain banyak pengorbanan berupa energi yang telah dikeluarkan, juga waktu yang tidak dapat diputar kembali. Namun itulah manusia, hanya bisa berencana, Alloh lah yang menetapkannya.  Selagi arah kedua ini baik dan bermuara kepada harapan ridho Nya, maka keyakinan pada janji Alloh menjadi hal yang sangat penting, bahwa Ia pasti akan memberikan apapun yang terbaik untuk hambaNya, Alloh Maha Tau, sementara manusia  besar ketidaktahuannya.

Hadits diatas pun menjadi pengingat untuk bersegera meninggalkan hal-hal yang menyebabkan keraguan, hl-hal yang tidak berguna (tidak mendatangkan pahala)  juga hal-hal yang dapat menjauhkan dari Ridho-Nya, maka standar ketiga-tiga nya pun harus jelas, yaitu berharap keridhoanNya semata.

Terakhir, mari simak perkataan Ibnul Mubarak rahimahulloh dalam syairnya:
           
 Kulihat tumpukan dosa mematikan hati
 Mengidapnya membuat diri bertambah hina
Meninggalkan dosa adalah kehidupan bagi hati
Yang terbaik untukmu tentu mencampakkannya
(lihat Tazkiyat an-Nufus, hal. 32)



No comments:

Post a Comment